Kamis, November 30, 2023

Petani Huraba dan Kadis Pertanian Madina Bunuh 498 Tikus di Saba Padang Nabolak

Share

HURABA, DUTAMEDAN.COM – Petani warga Desa Huraba 1,Desa Huraba 2 Kecamatan Siabu dibawah Komando Kepala Dinas Pertanian Mandailing Natal, Siar Nasution.SP, Membunuh 498 Ekor Tikus diwilayah Saba Padang Nabolak.

Selain Hama Tikus, Tim Pemburu Hama juga membunuh Tupai(Kotok) dan Kera yang sering merusak Tanaman Padi dan Tanaman Pertanian masyarakat diwilayah Padang Nabolak.

Demikian Informasi tersebut diperoleh Wartawan di lokasi Perburuan Hama Padi,Minggu(19/11).

Petani Huraba Dan Kadis Pertanian Madina Bunuh 498 Tikus Di Saba Padang Nabolak

Kegiatan Perburuan tersebut, terlihat hadir Kabid Jetahanan Pangan (Ketapang)Juliani,Camat Siabu Syukur Soripada Nasution,Mewakili Dan Ramil Pelda.Zulkifli,Kades Huraba Satu Kasmir Dalimunte,Amas Muda Hasibuan Kades Huraba ll,dan KUPT. Pertanian Siabu Kholidah Pulungan, PPL Dinas Pertanian.

Kadis Pertanian Madina Sihar Nasution,SP, Mengatakan, ini merupakan tindak lanjut kedatangan Bupati Madina HM. Jafar Sukhairi Nasution dan Ketua TP PKK Eli Mahrani beberapa minggu lalu saat mengikuti penan raya bersama warga Huraba.

Petani Huraba Dan Kadis Pertanian Madina Bunuh 498 Tikus Di Saba Padang Nabolak

” Beberapa petani mengeluhkan terkait hama ini, hari ini seluruh element turun langsung membantu warga melakukan perburuan hama seperti tikus, tupai dan juga kera, jelang musim tanam padi dipenghujung tahun 2023 ini,” katanya

Kata Siar, perburuan dilakukan dengan menggunakan Potas dan Balerang,Hama tikus ini juga sekarang telah berpindah naik ke pohon kelapa

” sebaiknya dilakukan Perburuan Pada musim Tanam,” ujarnya.

Petani Huraba Dan Kadis Pertanian Madina Bunuh 498 Tikus Di Saba Padang Nabolak

Kata dia, Perburuan Tikus ini supaya dilakukan Setiap Desa,Tikus Sekarang berdomisili di Pohon Kelapa,Mestinya pada masa tanam di lakukan perburuan.

Ditempat yang sama Kades Huraba 1, Kasmir Dalimunte mengutarakan,para petani yang ikut serta dalam perburuan hama bakal diberi upah dengan nominal yang sudah disepakati.

“Satu ekor tikus dibayar Rp 3 ribu, satu ekor tupai Rp 15 ribu dan satu ekor kera Rp 100 ribu. Dana tersebut diperoleh dari sumbangan para petani pasca panen raya kemarin dan sedikit dari anggaran dana desa,” Ujarnya.

Sementar itu Ketua Panitia Perburuan H.M Suandi Hasibuan mengatakan dengan kekompakan kita akan bisa memberantas Hama pertanian di Desa Huraba ini

Dan berharap nanatinya pada pemerintahan desa agar mengalokasikan anggaran untuk perburuan Hama di Desa Huraba ini, harapnya( RS/Red)

Admin : Iskandar Hasibuan.

Duta Medan
Duta Medanhttps://dutamedan.com
Duta Informasi Online Teraktual Tentang Medan Berisikan Kabar Seputar Kota Medan - All Local Talent in Medan City Support by GoogleNews.

Berita Terbaru

Sumatera Terkini