Kamis, Desember 7, 2023

Wali Kota Buka Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kerja DBH CHT Pematang Siantar 

Share

Pematang Siantar, DUTAMEDAN.COM – Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kerja Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di Kota Pematang Siantar Tahun 2023, diharapkan bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkompeten sehingga bisa langsung terserap di dunia usaha dan industri.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA sebelum membuka Pelatihan Peningkatan Keterampilan Kerja DBH CHT di Kota Pematang Siantar Tahun 2023, yang digelar di aula SMA Negeri 4 Pematang Siantar, Jalan Pattimura, Jumat (17/11/2023).

Dalam sambutannya, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada mitra kerja dari Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) maupun Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). BLKK Cendekia sebagai tempat pelaksanaan pelatihan desain grafis, LPKS Anugrah sebagai tempat pelatihan tenun, LPKS Rezha sebagai tempat pelatihan bordir, dan LPKS Gihon sebagai tempat pelatihan otomotif sepeda motor.

Menurut dr Susanti, kolaborasi yang telah dibangun oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematang Siantar ini merupakan langkah yang tepat untuk memajukan sektor ketenagakerjaan.

“Harus ada kerja sama yang baik dan sungguh-sungguh dari berbagai pihak. Dari hulu hingga hilir, hingga ke tingkat penyerapan dalam dunia kerja, termasuk untuk memastikan tingkat produktivitas tenaga kerja,” kata dr Susanti.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjutnya, berharap kolaborasi ini mampu menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi dan keterampilan sehingga ketika selesai pelatihan bisa langsung terserap di dunia usaha dan industri.

“Harapannya yang ikut pelatihan ini bisa menjadi orang yang sukses. Karena dengan pelatihan ini para peserta akan diberikan ilmu-ilmu dan alat yang untuk selanjutnya bisa berusaha mandiri. Untuk itu kepada narasumber dan para pelatih untuk mengedepankan soft skill, sehingga yang ikut pelatihan menjadi pengusaha yang mandiri dan tangguh ke depannya,” tukasnya.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pematang Siantar Robert Sitanggang SSTP menjelaskan kegiatan tersebut untuk mendukung peningkatan kesejahteraan dan pemulihan perekonomian masyarakat, khususnya buruh tani tembakau dan atau buruh pabrik rokok serta masyarakat lainnya.

Tampak hadir, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Kepala SMA Negeri 4 Pematang Siantar Drs M Akhyar MPd, para pimpinan OPD, camat, pimpinan lembaga pelatihan, dan para peserta pelatihan. (nu)

Duta Medan
Duta Medanhttps://dutamedan.com
Duta Informasi Online Teraktual Tentang Medan Berisikan Kabar Seputar Kota Medan - All Local Talent in Medan City Support by GoogleNews.

Berita Terbaru

Sumatera Terkini