Kamis, Desember 7, 2023

Tingkatkan Akses Kesehatan Pulau Rempang dan Galang, Kodam 1/BB Bersama Artha Graha Peduli Hidupkan Kembali RSKI

Share

Batam, DUTAMEDAN.COM – Sejak akhir tahun 2022, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang telah berhenti menerima pasien dan tidak beroperasi usai Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pandemi COVID-19 berganti menjadi endemi.

Melihat kondisi fasilitas dan kapasitas rumah sakit yang memadai untuk digunakan kembali, Artha Graha Peduli (AGP) bekerja sama dengan PT Makmur Elok Graha melalui Artha Graha Kesehatan (Arthakes) akan reaktivasi RSKI untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Pulau Galang, Rempang, dan sekitarnya.

“Kami dari AGP akan terus berkomitmen serta menaruh perhatian besar pada sektor kesehatan masyarakat dengan menghadirkan pelayanan kesehatan seperti praktek dokter umum, dokter kebidanan dan dokter gigi di RSKI,” ungkap Trijono Direktur PT Makmur Elok Graha (17/11/2023).

Selain itu, berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari hasil kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Arthakes, dapat diamati bahwa dalam 1 bulan terakhir, masyarakat di pulau Rempang cenderung mengalami beberapa masalah kesehatan seperti hipertensi, kolesterol, dan ISPA.

“Untuk mencegah hipertensi sebaiknya hindari jenis makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh,” jelas dr. Aulia, tenaga medis Arthakes.

Reaktivasi RSKI oleh Artha Graha Peduli diawali dengan prosesi penandatanganan kerja sama yang dilakukan pada 17 November 2023 di kawasan RSKI oleh Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Pangdam 1/BB dan Fernaldi Anggadha yang mewakili pihak Artha Graha Peduli.

“Untuk warga Pulau Rempang dan sekitarnya, semoga rumah sakit ini dapat memberikan pelayanan kesehatan umum yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Semoga kita dapat memaksimalkan fasilitas ini dengan baik.” ungkap Mayjen TNI Mochammad Hasan

Acara ini juga dihadiri oleh Walikota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Ia berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak baik dari segi pelayanan kesehatan bagi warga Galang dan sekitarnya.

“Saya berterima kasih kepada Pangdam dan yayasan Artha Graha Peduli yang telah ikut memperhatikan kesehatan masyarakat kota Batam khususnya wilayah Galang,” kata Rudi.

Selain acara penandatanganan kerja sama, Artha Graha Peduli juga melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan, distribusi sembako gratis, hingga pengecekan kesehatan gratis seperti pengecekan gula darah, asam urat, maupun kolesterol. Semua kegiatan tersebut merupakan bentuk dedikasi Artha Graha Peduli dalam memberikan bantuan dan dukungan pada masyarakat yang berada di wilayah Pulau Galang, Rempang dan sekitarnya.

“Saya senang sekali RSKI kembali dibuka untuk umum. Kalau ada yang sakit kami tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Batam. Kami sangat bersyukur dan berharap rumah sakit ini cepat kembali berjalan, dan dilengkapi dengan fasilitas yang sama dengan rumah sakit yang ada di Batam,” ungkap Susianti, warga Galang.*

Duta Medan
Duta Medanhttps://dutamedan.com
Duta Informasi Online Teraktual Tentang Medan Berisikan Kabar Seputar Kota Medan - All Local Talent in Medan City Support by GoogleNews.

Berita Terbaru

Sumatera Terkini