Jumat, Oktober 18, 2024
30.4 C
Indonesia

SD Negeri 067256 Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota

MEDAN, DUTAMEDAN.COM – UPT SD Negeri 067256 Medan tengah melakukan pembenahan lingkungan sekolah dalam rangka mengikuti kompetisi Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Medan tahun 2023.

Sebagai upaya untuk meraih lingkungan sekolah yang nyaman dan aman dalam proses belajar mengajar, Kepala UPT SD Negeri 067256 Sumarni, S.Pd membentuk tim Adiwiyata di sekolahnya. Tujuannya tidak lain agar semua pihak bisa ikut terlibat termasuk siswa, guru, staf, komite sekolah, orang tua siswa dan alumni serta masyarakat sekitar sekolah.

Upaya lain menuju Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan juga dilakukan melalui penghijauan lingkungan sekolah, pembuatan biopori, pengolahan sampah dan penataan lingkungan.

SD Negeri 067256 Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota
KEPALA SD Negeri 067256 Sumarni SPd sebagai Penanggung Jawab baris kedua kanan didampingi Milawati SPd sebagai ketua baris pertama kiri Febri Melviana Marpaung SPd sebagai Koordinator Bidang Kehumasan 1 baris kedua kiri Rosnita SPd sebagai Pokja TOGA baris pertama kanan berfoto bersama siswa duta Adiwiyata di halaman sekolah DUTAMEDANCOMIst

“Sejak mengikuti kegiatan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan beberapa waktu lalu kami mulai berbenah. Jadi, hal-hal yang kami benahi, sesuai dengan sistem tim Adiwiyata sekolah yang kami bentuk, dimana ada bidang untuk Pokja Toga (Tanaman Obat Keluarga), Pokja 5R, Pokja Kebun, Pokja Sampah dan lainnya.” ujar Kepala SDN 067256, Sumarni, S.Pd, saat ditemui di ruang kerjanya, jalan Paku Tanah Enam Ratus Medan Marelan, Selasa (21/11).

Program Adiwiyata mengajarkan kepada warga sekolah agar lebih peduli terhadap lingkungan diantaranya dengan melakukan pengematan energi listrik, bbm dan air. Selanjutnya upaya pengurangan penggunaan plastik, penghematan penggunaan kertas dan kantin sehat bebas 5 P (Pengenyal, Perasa, Pengawet, Pemanis dan Pewarna).

 

“Dengan adanya program Adiwiyata, 5R di sekolah kami khususnya Reuse, produk pakaian yang tadinya sudah tidak dipakai dapat dimanfaatkan menjadi produk dengan tampilan baru. Salah satu yang sudah kami lakukan adalah memanfaatkan hasil ecoprint dan batik jumputan pada jilbab. Jilbab tersebut juga dikenakan oleh staf guru di SDN 067256 MEDAN. Kami bangga menggunakan produk dari karya siswa kami sendiri,” tuturnya.

“Kedepannya, kami berharap sekolah kami mampu menghasilkan lebih banyak karya dan bisa menyebarluaskannya di dalam lingkup sekolah kami sendiri maupun masyarakat sekitar,” pungkasnya. (rel)

Hot this week

Kapolresta Barelang Bersama Forkopimda Kota Batam Dan Komunitas TAC Gelar Bakti Sosial

Batam, DUTAMEDAN.COM– Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N,...

Topics

Diguyur Hujan, Ibu-ibu di Kecamatan Bosar Maligas Antusias Menangkan RHS-AZI

DUTAMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Meski di tengah guyuran hujan, kaum...

Travel Umroh di Percut Seituan Dilaporkan ke Polda Sumut

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Biro perjalanan umroh, PT Al Qayuum...

Wali Kota Binjai Apresiasi Pembentukan Kelompok Tani “Rejeki Ta Ras”

BINJAI, DUTAMEDAN.COM - Wali Kota Binbjai Drs.H. Amir Hamzah...

Purnawirawan TNI, Polri, ASN Se-Sumut Deklarasi Dukung AMIN

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Forum Komunikasi TNI, Polri dan ASN...

Jelang Nataru, Tim Gabungan Pemko Medan Monitoring Makanan dan Minuman Kadaluarsa

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)2024,...

Sekdakab Ikuti Prosesi Pelantikan PC PMII Kabupaten Asahan 2023-2024

DUTAMEDAN.COM, Asahan - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Pergerakan...
spot_img

Related Articles

Popular Categories

spot_imgspot_img