Jumat, Oktober 18, 2024
22.4 C
Indonesia

Hari Menanam Pohon Indonesia, PTAR Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

BATANGTORU, DUTAMEDAN.COM – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, menginisiasi Aksi Bersih Lingkungan bersama masyarakat di tiga desa di Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sabtu (18/11).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan serempak di Desa Garoga, Desa Aek Ngadol, dan Desa Batu Horing tersebut, dilakukan aktivitas bersih sampah, penanaman 150 bibit tanaman di daerah aliran sungai, sosialisasi pengomposan sampah organik serta penyerahan 100 kantong pengomposan kepada masyarakat.

Environment, Health, & Safety Senior Manager PTAR, Hari Ananto, menyebutkan Aksi Bersih Lingkungan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia tersebut bertujuan memperkuat kesadaran menjaga kelestarian lingkungan pada masyarakat di sekitar wilayah operasional, Salah satunya, merawat sungai dan memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk kompos.

“Kami melibatkan ratusan masyarakat, aparat desa serta para pemuda duta lingkungan binaan perusahaan untuk bersama-sama menanam pohon dan membersihkan lingkungan. Menurut penelitian, satu batang pohon dapat menghasilkan jumlah oksigen yang diperlukan dua orang. Jika melestarikan lingkungan, kita juga akan dapat manfaat yang positif,” ungkapnya.

Masyarakat bersama manajemen dan karyawan PTAR membersihkan sampah dan menanam pohon dalam kegiatan Aksi Bersih Lingkungan di Desa Aek Ngadol, Sabtu (18/11). (HO/PTAR)

Selain karena lokasinya dekat area operasional PTAR, lanjut Hari, ketiga desa tersebut dipilih karena memenuhi persyaratan untuk dijadikan kandidat desa binaan Proklim oleh PTAR. Total 150 bibit tanaman yang dibagikan terdiri atas jenis trembesi, johar, manggis, durian, nangka, jotik jotik, dan meranti yang disemai di area Nursery PTAR.

Bibit tanaman tersebut akan dibagikan ke perwakilan masyarakat yang ditunjuk oleh kepala desa. Sementara itu, pembagian 100 kantong pengomposan diharapkan dapat mendorong masyarakat memanfaatkan sampah organik menjadi produk kompos untuk aktivitas pertanian dan perkebunan.

“Pada tahun 2023, PTAR telah menanam 8.510 bibit pohon di area operasional serta 1.200 bibit tanaman lokal dan 30 ribu bibit mangrove di luar area operasional. Total penanaman pohon yang dilakukan PTAR dari tahun 2012 sampai Oktober 2023 sebanyak 90.305 bibit dengan potensi serapan carbon sebesar 22.453 ton CO2e,” terangnya.

Mewakili Desa Aek Ngadol, Abdurrahman Situmorang menyambut positif pelaksanaan Aksi Bersih Lingkungan yang dilaksanakan PTAR. Menurutnya, selain membantu penghijauan lingkungan desa, masyarakat juga mendapat wawasan baru terkait pemanfaatan sampah organik dan teknik pengomposan.

“Semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kami dan lingkungan. Jika lingkungan bersih dan terjaga, tentu masyarakat juga akan sehat dan sejahtera. Kami berharap program-program positif seperti ini terus dilanjutkan oleh PTAR,” pungkasnya. (wol/aa/d2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Hot this week

Kapolresta Barelang Bersama Forkopimda Kota Batam Dan Komunitas TAC Gelar Bakti Sosial

Batam, DUTAMEDAN.COM– Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N,...

Topics

Diguyur Hujan, Ibu-ibu di Kecamatan Bosar Maligas Antusias Menangkan RHS-AZI

DUTAMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Meski di tengah guyuran hujan, kaum...

Travel Umroh di Percut Seituan Dilaporkan ke Polda Sumut

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Biro perjalanan umroh, PT Al Qayuum...

Wali Kota Binjai Apresiasi Pembentukan Kelompok Tani “Rejeki Ta Ras”

BINJAI, DUTAMEDAN.COM - Wali Kota Binbjai Drs.H. Amir Hamzah...

Purnawirawan TNI, Polri, ASN Se-Sumut Deklarasi Dukung AMIN

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Forum Komunikasi TNI, Polri dan ASN...

Jelang Nataru, Tim Gabungan Pemko Medan Monitoring Makanan dan Minuman Kadaluarsa

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)2024,...

Sekdakab Ikuti Prosesi Pelantikan PC PMII Kabupaten Asahan 2023-2024

DUTAMEDAN.COM, Asahan - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Pergerakan...
spot_img

Related Articles

Popular Categories

spot_imgspot_img