Kamis, Desember 7, 2023

PTPN IV Implementasikan Aplikasi Monitoring Pabrik Melalui Pemanfaatan Teknologi

Share

Medan, DUTAMEDAN.COM – Kemajuan teknologi menghasilkan internet, suatu jaringan sistem komunikasi elektronik yang mengubah peradaban. Kehadirannya mampu meringkas jarak dan waktu membuat semua terasa lebih mudah.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno membenarkan hal itu, Jumat (17/11/23).

“Internet berkembang pesat karena dapat berguna bagi siapa saja, tak terkecuali untuk entitas usaha.

Manfaat itulah yang dirasakan PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV). Sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan mengimplementasikan teknologi Internet of Things (IoT) dalam berbagai hal. Termasuk untuk monitoring Pabrik Kelapa Sawit (PKS),”ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Direktur PTPN IV, program digitalisasi terbukti berhasil. “Sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam industri kelapa sawit, PTPN IV sangat memperhatikan efektivitas. Tantangan ini kita yakini dapat diurai melalui pemanfaatan teknologi,”takbahnya.

Beberapa waktu lalu, PTPN IV resmi meluncurkan pilot project implementasi teknologi IoT di PKS. Perusahaan telah menciptakan suatu rangkaian sistem digital yang berfungsi mengoptimalkan kinerja monitoring. Terdapat empat komponen penting dalam sistem ini. Yaitu SCADA System, MIMS atau MIXN4, Storage Tank Control, dan CCTV.

Empat komponen tersebut punya tugas masing-masing. SCADA System berfungsi monitoring angka kerja. Misalnya tekanan, suhu dan daya turbin. Sedangkan MIMS atau MIXN4 merupakan aplikasi yang menampilkan dashboard real time monitoring losis dan mutu produksi. Storage Tank Control Volume berperan sebagai monitor volume dan temperature, sementara CCTV untuk monitoring area PKS.

Berkat teknologi tersebut, hasil monitoring jadi terintegrasi dan mampu dilaporkan dengan lebih cepat dan tepat. Hasilnya kemudian dapat diakses karyawan melalui aplikasi digital, sehingga bisa dilihat dari mana dan kapan saja.

“Hal ini tentu mempermudah tim untuk mengambil keputusan di lapangan. Sebab hasil monitoring bisa lebih cepat dilaporkan,” ujar Sucipto.

Sementara menurut Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Mulianto, pemanfaatan teknologi dalam bidang monitoring PKS merupakan langkah PTPN IV untuk menerapkan digitalisasi, mekanisasi dan otomatisasi. Inovasi ini juga bagian dari implementasi satu di antara core values BUMN yakni adaptif.

“Kami memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar PTPN IV bisa terus menciptakan inovasi-inovasi selanjutnya yang berguna bagi negara,”harap Mulianto.(dra/mk)

Duta Medan
Duta Medanhttps://dutamedan.com
Duta Informasi Online Teraktual Tentang Medan Berisikan Kabar Seputar Kota Medan - All Local Talent in Medan City Support by GoogleNews.

Berita Terbaru

Sumatera Terkini