Kamis, November 30, 2023

Keajaiban Persahabatan Antar Bangsa: USU Kirimkan Duta Mahasiswa ke Gwangju

Share

DUTAMEDAN.COM, MEDAN – Sebuah langkah monumental terjadi ketika Universitas Sumatera Utara (USU) mengirimkan delegasi mahasiswa ke Gwangju, Korea Selatan, melalui program sister city antara Pemko Medan dan Pemerintah Kota Gwangju.

Dalam pertukaran mahasiswa yang menjadi jembatan persahabatan kedua kota ini, keempat mahasiswa USU dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) membagikan cerita luar biasa dari perjalanan mereka selama sembilan hari.

Dalam program pertukaran pelajar ini, mahasiswa FISIP USU bukan hanya mendapatkan wawasan akademis, tetapi juga merasakan nuansa keseharian masyarakat Gwangju melalui program homestay. Salah seorang delegasi, Nadya Fortune Gunawan, berbagi kesan mendalamnya.

“Saya bisa menyerap suasana kehidupan Korea Selatan dengan tinggal bersama warga lokal. Ini membuka mata kami tentang budaya dan kehidupan sehari-hari mereka,” ungkapnya di Medan, Sabtu (19/11/2023).

Kunjungan delegasi ini tidak hanya sebatas pertukaran ilmu akademis, tetapi juga menghadirkan inspirasi yang dapat diterapkan di Kota Medan.

Mereka diajak menjelajahi Pinguin Village dan mengalami keunikan karya seni lokal, menjelajahi sistem transportasi publik yang maju, serta mengunjungi tempat pembuatan teh dan kue lokal yang terinspirasi dari kekayaan Indonesia.

Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho, menyampaikan pentingnya peran mahasiswa sebagai duta pembawa semangat persahabatan dan keberagaman.

“Mereka bukan hanya belajar di luar negeri, tetapi juga membawa citra positif tentang Indonesia, khususnya Kota Medan. USU berkomitmen untuk menjadi bagian dari membangun hubungan antarbangsa,” ujarnya dengan penuh semangat.

Program ini bukan hanya menjadi babak pertama dari pertukaran mahasiswa, tetapi juga menandai langkah awal dalam membangun pemahaman yang lebih dalam antara masyarakat Indonesia dan Korea Selatan.

Melalui prinsip sister city ini, keunikan dan kekayaan budaya kedua kota menjadi jembatan yang memperkuat persahabatan.

Tahun depan, kota Medan akan menjadi tuan rumah, membalas kehangatan dan keramahan yang telah diterima oleh mahasiswa dari Gwangju. (Dedy Hu)

Duta Medan
Duta Medanhttps://dutamedan.com
Duta Informasi Online Teraktual Tentang Medan Berisikan Kabar Seputar Kota Medan - All Local Talent in Medan City Support by GoogleNews.

Berita Terbaru

Sumatera Terkini