Jumat, Oktober 18, 2024
22.4 C
Indonesia

GAMKI Medan Minta Kapoldasu Awasi Kades Di DS Dan Sergai

Medan, DUTAMEDAN.COM – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPC GAMKI) Kota Medan, Fery Susanto Sihite (foto), meminta agar Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agung Setya IE SH SIK MSi beserta jajarannya dapat mengawasi kepala desa (kades) di Deli Serdang (DS) dan Serdang Bedagai (Sergai).

Hal ini untuk agar terhindar dari praktik money politics (politik uang) yang dilakukan oleh calon legislatif (caleg) dalam masa pemilihan legislatif (pileg) 2024.

Dalam keterangannya yang diterima, Jumat (17/11/2023), Fery Susanto Sihite berharap bahwa Pileg 2024, khususnya di Deli Serdang dan Sergai dapat berlangsung dengan jujur, adil dan bersih dari praktik money politics.

“Kita tidak ingin ada caleg, baik caleg DPR-RI, DPRD tingkat provinsi dan DPRD tingkat kabupaten yang “bermain mata” dengan kades dan perangkat desa di Deli Serdang serta Sergai dengan tujuan untuk meraup suara,” ujarnya.

Fery mengatakan, mobilisasi para kades ini bisa saja terjadi mengingat persaingan di antara para caleg untuk meraup suara sangat ketat.

Disisi lain, aparat perangkat desa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan suara hingga tingkat dusun.

Sehingga, ketika keduanya bertemu, maka dimungkinkan terjadi hubungan simbiosis mutualisme di antara kedua pihak, dimana terjadi pengumpulan suara untuk kepentingan caleg dengan imbalan dalam bentuk materi.

“Apalagi baru saja kita mendapat berita bahwa ada anggota Bawaslu Kota Medan yang ditangkap jajaran Poldasu karena menerima uang dari caleg,” ujarnya.

Fery meminta agar Kapoldasu dan jajarannya dapat melakukan pengawasan dengan seksama, termasuk memonitor lokasi-lokasi tertentu, seperti di Berastagi maupun Tebingtinggi, yang dapat menjadi tempat berkumpulnya para perangkat desa dengan caleg tersebut.

“Bahkan jika dibutuhkan, bisa saja dilakukan penyadapan terhadap perangkat komunikasi yang dimiliki para perangkat desa di kedua kabupaten tersebut, agar pengawasan yang dilakukan dapat lebih terjamin,” tuturnya.

Ferry Susanto Sihite mengatakan, Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai merupakan daerah yang menjadi incaran oleh para caleg, baik caleg DPR-RI maupun DPRD Provinsi dan kabupaten.

“Kedua kabupaten ini bisa disebut sebagai lumbung suara, di samping kota Medan, mengingat banyak jumlah pemilih di sana. Sehingga tidak heran jika menjadi incaran para caleg ini. Ini yang harus kita perhatikan,” ujarnya.

“Kita hanya menginginkan agar Pileg 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil, jauh dari praktik money politics dan tidak melibatkan perangkat pemerintahan termasuk pemerintahan desa,” tegasnya. (Rel)

Hot this week

Kapolresta Barelang Bersama Forkopimda Kota Batam Dan Komunitas TAC Gelar Bakti Sosial

Batam, DUTAMEDAN.COM– Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N,...

Topics

Diguyur Hujan, Ibu-ibu di Kecamatan Bosar Maligas Antusias Menangkan RHS-AZI

DUTAMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Meski di tengah guyuran hujan, kaum...

Travel Umroh di Percut Seituan Dilaporkan ke Polda Sumut

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Biro perjalanan umroh, PT Al Qayuum...

Wali Kota Binjai Apresiasi Pembentukan Kelompok Tani “Rejeki Ta Ras”

BINJAI, DUTAMEDAN.COM - Wali Kota Binbjai Drs.H. Amir Hamzah...

Purnawirawan TNI, Polri, ASN Se-Sumut Deklarasi Dukung AMIN

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Forum Komunikasi TNI, Polri dan ASN...

Jelang Nataru, Tim Gabungan Pemko Medan Monitoring Makanan dan Minuman Kadaluarsa

MEDAN, DUTAMEDAN.COM - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)2024,...

Sekdakab Ikuti Prosesi Pelantikan PC PMII Kabupaten Asahan 2023-2024

DUTAMEDAN.COM, Asahan - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Pergerakan...
spot_img

Related Articles

Popular Categories

spot_imgspot_img